Bengkulu -
Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan program dari kurikulum Kampus Merdeka, yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih kampus dan mata kuliah sesuai keinginan mereka.


Lisa Malinda, mahasiswi dari Universitas Pat Petulai di Curup, Kabupaten Rejang Lebong, adalah salah satu peserta yang lulus seleksi PMM 3 (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) kloter ke-3. Saat pendaftaran, Lisa memilih tiga kampus tujuan dengan prioritas IPB University.


Sempat merasa tidak percaya diri karena berasal dari daerah berkembang dan tingginya jumlah pendaftar, Lisa akhirnya dinyatakan lulus dan diterima oleh kampus impiannya.


"Pada awalnya, saya kurang percaya diri karena saya dari kampus yang kurang terkenal. Namun, saya coba daftar karena rezeki tidak akan ke mana. Saya juga ingin mendapatkan pengalaman baru di kampus yang bagus, jadi saya manfaatkan kesempatan ini. Alhamdulillah, saat pengumuman, saya lulus di kampus impian saya," ucap Lisa saat diwawancarai melalui Zoom, belum lama ini.


Lisa juga memberikan beberapa tips bagi peserta yang ingin mendaftar. Pertama, siapkan berkas dengan tepat waktu. Kedua, manfaatkan waktu untuk belajar dan mencari referensi latihan soal tes. Ketiga, pikirkan strategi untuk meningkatkan peluang lulus.


"Kalau untuk tips khusus tidak ada. Pertama, kita harus menyiapkan semua berkas dan persyaratan dokumen yang diperlukan. Kedua, belajar mengerjakan latihan soal dari referensi tahun sebelumnya. Ketiga, mengatur strategi dalam memilih kampus yang peluang lulusnya besar," jelas Lisa.


Lisa juga menekankan pentingnya persiapan berkas sejak awal agar tidak terlambat dan menghindari rasa minder meskipun berasal dari universitas yang kurang dikenal.


"Nah, untuk berkas, lebih baik dipersiapkan di awal agar tidak mendekati deadline, sehingga kita bisa fokus menghadapi tes. Juga, jangan merasa minder. Harus percaya diri walaupun universitas kita tidak terkenal. Kita harus yakin bahwa kita bisa," tutup Lisa.

Post A Comment: