Bengkulu -
Skor kredit yang tinggi berarti kamu berpeluang besar diterima dalam pengajuan pinjaman, sementara skor kredit yang rendah menunjukkan kamu dianggap kurang layak.


Ketika mengajukan pinjaman, pihak pemberi pinjaman perlu mengetahui catatan riwayat kredit kamu. Proses pemeriksaan ini dikenal sebagai SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan), yang sebelumnya dikenal sebagai BI Checking, dan dikelola oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


SLIK berisi seluruh catatan riwayat kredit kamu. Catatan ini berasal dari pelaporan berbagai lembaga finansial, seperti bank, perusahaan pinjaman online resmi, hingga koperasi simpan pinjam. Misalnya, jika kamu pernah meminjam uang dari sebuah perusahaan pinjaman online dan terlambat membayar, riwayat tersebut akan dikirimkan oleh perusahaan tersebut ke OJK dan masuk ke dalam SID (Sistem Informasi Debitur).


Catatan ini nantinya akan dipertukarkan antar lembaga keuangan lain. Oleh karena itu, jika kamu sering gagal membayar di satu tempat, lembaga keuangan lain kemungkinan besar akan menolak pengajuan pinjamanmu karena mereka juga memiliki akses ke riwayat kreditmu. Riwayat kredit inilah yang menjadi dasar penilaian skor kredit. 


Cara Cek Skor Kredit Online


Cek skor kredit online dapat dilakukan melalui layanan SLIK OJK dengan mengikuti langkah-langkah berikut:


1. Buka laman registrasi IDEB SLIK OJK.

2. Klik "Pendaftaran".

3. Isi kolom jenis debitur, kewarganegaraan, jenis identitas, nomor identitas, dan captcha.

4. Klik "Selanjutnya".


Jika kuota penuh, kamu akan mendapatkan notifikasi. Kamu bisa mencoba lagi sesuai waktu yang tertera atau menggunakan aplikasi Skorlife untuk cek skor kredit dan status KOL tanpa harus membayar dan menunggu lama.


Jika kuota IDEB tidak penuh, lanjutkan dengan mengisi nama lengkap, NIK, nomor telepon HP, alamat email, alamat rumah lengkap, dan dokumen yang diperlukan sebagai berikut:


- Debitur perseorangan:

  - KTP (WNI)

  - Paspor (WNA)


- Debitur badan usaha:

  - KTP direktur (WNI)

  - Paspor direktur (WNA)

  - Akta pendirian badan usaha

  - NPWP badan usaha

  - Anggaran dasar terakhir yang memuat susunan dan kewenangan pengurus


Setelah mengisi data, kamu diminta untuk mengunggah foto serta scan dokumen asli yang sudah disebutkan di atas. Pastikan dokumen yang diunggah memiliki kualitas gambar yang jelas agar proses verifikasi berjalan dengan lancar.


Tahap Verifikasi Data


OJK akan melakukan pengecekan atau verifikasi data yang telah kamu input. Setelah tahap pengecekan selesai, kamu akan mendapatkan email berupa informasi hasil verifikasi antrian dari OJK yang akan dikirim paling lambat H-2 dari tanggal antrian. 


Jika lolos verifikasi, kamu dapat mencetak formulir yang tertera pada email dan memberikan tanda tangan sebanyak tiga kali. Foto atau scan formulir yang telah ditandatangani tadi dan kirim ke nomor WhatsApp yang ada pada email beserta foto selfie dengan menunjukkan KTP.


OJK kemudian akan melakukan verifikasi lanjutan via WhatsApp dan melakukan video call jika diperlukan. Jika lolos verifikasi, kamu akan menerima hasil iDeb atau detail catatan riwayat pinjaman debitur yang dikirim melalui email yang telah didaftarkan saat registrasi.

#skorkredit #OJK

Post A Comment: