Bengkulu -
Bagi yang hobi olahraga penuh tantangan sekaligus memacu adrenalin, seperti selancar atau surfing, pasti akan menyambut tanggal 15 Juni 2024 dengan suka cita. Pasalnya, setiap tanggal 15 Juni diperingati sebagai International Surfing Day. Menyambut momen spesial bagi para peselancar ini, tak ada salahnya kita mengenal dan melihat pantai-pantai di Indonesia yang menjadi langganan para peselancar dunia.


Seperti yang kita ketahui, Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki pantai-pantai dengan ombak besar, maka tidak mengherankan jika ada banyak tempat surfing yang menantang di Indonesia. Bahkan, beberapa pantai di Indonesia kerap menjadi tuan rumah ajang surfing internasional. Berikut adalah 10 pantai terbaik di Indonesia yang cocok untuk surfing kelas dunia:


1. Pulau Panaitan, Banten


Banten memiliki spot surfing kelas dunia yang menantang untuk ditaklukkan, yakni Pulau Panaitan. Pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini menawarkan tantangan berupa gelombang dari arah kiri yang kerap menyulitkan peselancar. Pulau Panaitan memiliki tujuh titik terbaik untuk surfing, di antaranya: One Palm Point, Apocalypse, Napalms, dan Pussy, dengan ombak rata-rata mencapai 5-10 meter. Fakta menarik lainnya, di spot One Palm Point, terdapat interval ombak sejauh 800 meter.


2. Pantai Ombak Tujuh, Jawa Barat


Masih dalam satu kawasan dengan Ujung Genteng, Sukabumi, Pantai Ombak Tujuh dikenal oleh para peselancar kelas dunia. Salah satu keunikannya adalah susunan ombak yang selalu muncul berurutan dengan 7 gelombang. Hal ini makin memacu adrenalin dengan ketinggian ombak mencapai 6 meter. Waktu terbaik untuk surfing di Pantai Ombak Tujuh adalah antara bulan Juni-Juli.


3. Pantai Parangtritis, Yogyakarta


Dikenal dengan ombak ganas khas pantai selatan, Pantai Parangtritis menjadi salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia. Pantai ini terkenal dengan ombak besar tak kenal musim, bahkan ada fenomena rip current, yakni ombak ganas dengan kecepatan mencapai 80 km/jam, dan mampu membuat interval ombak sejauh 700 meter. Tinggi ombak mencapai 4 meter, menjadikan Pantai Parangtritis makin menantang bagi peselancar.


4. Pantai Plengkung, Banyuwangi


Jika mencari spot terbaik untuk surfing di Indonesia, Pantai Plengkung wajib masuk dalam daftar. Pantai yang dijuluki G-Land ini memiliki ombak setinggi 4-8 meter dengan interval sejauh 2 kilometer. Tantangannya tidak hanya tinggi ombak, tetapi juga memiliki 7 susunan gelombang yang menantang. Tak heran jika Pantai Plengkung mendapat julukan “The Seven Giant Waves Wonder”.


5. Pantai Watu Karung, Jawa Timur


Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Pantai Watu Karung di Pacitan, Jawa Timur, termasuk salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia. Pantai ini terkenal dengan ombak bertipe reef break dan barrel. Saking menantangnya, pantai ini pernah menjadi tuan rumah ajang World Surf League 2017. Beberapa spot surfing di Pantai Watu Karung antara lain: Nyoroboyo, Blosok, Srau, Pancer, dan Teleng Ria.


6. Pantai Suluban, Bali


Surfing dan Bali adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pantai Suluban, atau Blue Point Beach, memiliki ombak besar dengan ketinggian mencapai 3-4 meter dan panjang mencapai puluhan meter. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu spot surfing yang menantang di Bali.


7. Pulau Sipora, Sumatra Barat


Di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Pulau Sipora menjadi salah satu spot surfing terbaik. Pulau ini masuk dalam “20 Spot Surfing Terbaik di Dunia” versi CNN Travel. Keunikan pulau ini adalah “terowongan ombak” setinggi 7 meter. Untuk menikmati ombak terbaik di Pulau Sipora, disarankan datang antara bulan April hingga Oktober.


8. Pantai Sorake, Sumatra Utara


Di Nias, Sumatra Utara, Pantai Sorake menjadi spot surfing terbaik dengan interval gulungan ombak yang nyaris sampai ke bibir pantai, atau sekitar 200 meter. Ketinggian ombak di Pantai Sorake bisa mencapai 3-5 meter, menjadikannya tantangan tersendiri bagi para peselancar.


9. Pantai Nemberala, NTT


Di Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, NTT, Pantai Nemberala memiliki ombak tinggi yang kerap membuat peselancar dunia kesulitan menaklukkannya. Waktu terbaik untuk berselancar di Pantai Nemberala adalah antara bulan Agustus hingga Oktober, dengan ombak mencapai tinggi 7 meter. Pantai ini sering menggelar event surfing kelas dunia.


10. Pantai Marosi, NTT


Pantai Marosi di selatan Kota Waikabubak, Sumba Barat, memiliki gulungan ombak setinggi 3 meter. Karena tergolong ombak yang masih bersahabat, Pantai Marosi menjadi salah satu spot terbaik untuk belajar berselancar bagi pemula. Waktu terbaik untuk belajar surfing di Pantai Marosi adalah antara bulan Mei hingga September.


Dengan deretan pantai-pantai menantang ini, tidak mengherankan jika Indonesia menjadi surga bagi para peselancar dunia. Selamat menikmati International Surfing Day!

Post A Comment: