Bengkulu Utara - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bengkulu melaporkan operasi pencarian dan pertolongan untuk seorang pemuda bernama Arjun Firmansyah (22 tahun) yang terseret arus saat memancing di Anak Sungai Serangai, Kecamatan Batik Nau, Kabupaten Bengkulu Utara.

Kejadian ini dilaporkan pertama kali oleh Ibu Erviana dari BPBD Bengkulu Utara pada Sabtu, 18 Mei 2024, pukul 21.00 WIB. Menurut laporan, Arjun dan teman-temannya sedang mencari ikan di sekitar sungai dekat tambang PTPN pada pukul 17.00 WIB. Saat menyeberangi sungai, Arjun terseret arus yang kuat akibat hujan deras yang meluap. Hingga saat ini, Arjun belum ditemukan.

Koordinat perkiraan lokasi kejadian adalah 3°20'26.18"S dan 101°58'21.17"E, dengan jarak sekitar 72.68 km dari Kantor SAR Bengkulu. Tim rescue dari Kansar Bengkulu tiba di lokasi pada pukul 01.45 WIB dan segera melakukan koordinasi dengan tim yang sudah berada di tempat.


Operasi pencarian hari kedua (H.2) dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan melibatkan Tim SAR Gabungan. Pencarian dibagi menjadi dua Sru (Search and Rescue Unit): 

- SRU I : Melakukan pencarian menggunakan perahu LCR milik Basarnas dan BPBD di sekitar area Danau Neon dengan koordinat yang ditentukan.
- SRU II : Melakukan penyisiran darat di sekitar Danau Neon.

Unsur-unsur yang terlibat dalam operasi ini meliputi Rescuer Kansar Bengkulu, Polsek Batik Nau, Koramil Batik Nau, BPBD Bengkulu Utara, perangkat desa, masyarakat setempat, dan keluarga korban. Alat utama yang digunakan antara lain D-MAX Double Cabin, Rescue Carrier, satu set LCR, satu set perahu rafting, satu set Pal SAR Air, Aqua Eyes, Pal Navigasi, Pal Komunikasi, dan Pal Medis.

Cuaca di lokasi cerah dengan angin berkecepatan 10 km/jam, memberikan kondisi yang relatif baik untuk operasi pencarian dan pertolongan.

Operasi pencarian terus dilakukan dan laporan perkembangan lebih lanjut akan disampaikan. "Untuk hasil pencarian hari ini nihi, besok akan dilanjutkan kembali.

"Untuk rencana pencarian akan kami infokan bsok pagi," singkat Kakansar Basarnas Bengkulu Muslikun Sodik.

Post A Comment: