Spot berburu matahari terbit di Puncak Suroloyo (Shutterstock/Mihardo Saputro).

Jakarta - Selain keindahan matahari terbenam (sunset), Indonesia juga terkenal akan pemandangan matahari terbit (sunrise) yang memukau. Menariknya, setiap daerah pun menawarkan pengalaman menikmati keindahan matahari terbit yang berbeda-beda. 

Itu mengapa, saat ini banyak wisatawan yang rela bangun sebelum subuh untuk mengunjungi destinasi wisata terbaik yang terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbit.


Ternyata mengunjungi spot-spot sunrise terbaik tidak sekadar melihat pemandangan matahari terbit lalu pulang saja. Justru kita juga berkesempatan untuk berburu dan mencicipi kuliner menu sarapan khas daerah yang Sobat Parekraf kunjungi.


Sebagai referensi, berikut destinasi-destinasi terbaik untuk berburu matahari terbit sambil wisata kuliner yang sayang dilewatkan begitu saja:


Puncak Suroloyo


Membahas destinasi liburan Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Selain jalan-jalan ke pusat Kota Yogyakarta dan pantai-pantai berpasir putih, Sobat Parekraf bisa menyempatkan mampir ke Puncak Suroloyo di Perbukitan Menoreh. Tempat wisata yang berada di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang memukau.


Meski harus jalan kaki melewati lebih dari 200 anak tangga, pemandangan indah di puncak tidak akan mengecewakan. Kita akan dibuat kagum dengan pemandangan matahari terbit, berlatar belakang siluet Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, serta Candi Borobudur yang megah.


Setelah puas menghirup udara segar sambil menikmati keindahan matahari terbit, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan berburu kuliner. Banyak kuliner legendaris di daerah Kulon Progo, seperti sarapan dengan sego berkat atau ngemil geblek khas Kulon Progo.


Punthuk Setumbu


Berjarak sekitar 40 menit perjalanan dari Kota Magelang, Punthuk Setumbu menjadi destinasi wisata terbaik untuk berburu matahari terbit. Berlokasi tepat di Kecamatan Borobudur, Magelang, Punthuk Setumbu terkenal dengan pemandangan matahari terbit seindah lukisan yang diapit Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Kalau beruntung, kita juga bisa melihat megahnya siluet Candi Borobudur yang diselimuti kabut.


Jika lapar setelah bertualang, kita bisa membeli makanan dan minuman di warung-warung yang ada di sekitar untuk mengganjal perut. Beberapa menu sarapan khas Magelang yang wajib Sobat Parekraf cicipi adalah sop empal khas Muntilan dari kedai Sop Empal Bu Haryoko yang populer. Kuah hangat dan segar, dengan irisan daging empal empuk cocok banget buat sarapan.


Kebun Teh Cukul


Rekomendasi destinasi wisata untuk berburu matahari terbit yang tidak kalah indah ada di kebun teh. Tepatnya di Sunrise Point Cukul, kawasan Kebun Teh Cukul, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Digadang-gadang sebagai salah satu spot sunrise terbaik, Kebun Teh Cukul memberi pengalaman menikmati matahari terbit berpadu dengan kabut pagi, ditambah udara sejuk yang sangat bersih.


Setelah puas menikmati keindahan matahari terbit, Sobat Parekraf bisa mulai berburu kuliner untuk sarapan. Banyak makanan khas Jawa Barat yang menarik dicicipi, seperti mi kocok, cuanki, batagor, hingga nasi tutug oncom yang cocok untuk menu sarapan.


Pantai Waso


Masuk dalam daftar Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Pantai Waso punya spot sunrise yang menarik untuk dijelajahi. Berlokasi di Desa Benteng Dewa, Kecamatan Lembor Selatan, Manggarai Barat, Pantai Waso memiliki daya tarik yang tidak dimiliki pantai dan spot sunrise lainnya.


Saat matahari terbit, Sobat Parekraf akan dibuat kagum dengan pemandangan matahari terbit berlatar belakang perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. Belum lagi, adanya pantulan sinar matahari di deretan bebatuan pinggir pantai seakan menciptakan kilauan cahaya yang sangat indah.


Kalau sudah puas menenangkan diri sambil ditemani udara pantai yang sejuk, Sobat Parekraf bisa mulai mencari makanan khas Labuan Bajo. Seperti kuah asam, rumpu rampe, kolo, dan jagung bose.


To’Tombi Toraja


Satu lagi spot berburu matahari terbit yang sayang untuk dilewatkan berlokasi di Sulawesi Selatan. Tepatnya di To’Tombi Toraja, Kampung Lolai, Benteng Mamullu, Kapalitu, Toraja Utara. Tidak kalah menawan dengan spot lainnya, destinasi wisata satu ini menawarkan panorama matahari terbit yang eksotis dari ketinggian 1.300 mdpl. Perpaduan sinar matahari berwarna oranye dengan gumpalan awan putih, seakan melihat sunrise di atas awan. 


Setelah puas berburu sunrise, Sobat Parekraf bisa melanjutkan perjalanan dengan wisata kuliner khas Sulawesi Selatan. Mulai dari coto Makassar, pallubasa, kapurung, palumara, dan nasu likku yang kerap menjadi menu sarapan masyarakat setempat.


Yuk, rencanakan liburan sambil berburu sunrise dan wisata kuliner di berbagai daerah di Indonesia!

Post A Comment: