Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) mengumumkan pembukaan sejumlah formasi untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Dalam pengumuman resminya, Kemenag RI menawarkan jumlah formasi CPNS yang mencapai angka tertinggi sepanjang sejarah, yakni sebanyak 20.772 posisi.


Alokasi posisi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Kementerian Agama RI tahun ini dikabarkan menjadi yang terbesar, dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti pensiunnya banyak ASN Kemenag, pemekaran wilayah administratif, dan perubahan status sekolah-sekolah di bawah naungan Kemenag menjadi sekolah negeri.


Sebelumnya, Kementerian Agama telah mengajukan total 151.489 posisi untuk ASN kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Namun, setelah peninjauan oleh Kemenpan-RB, jumlah formasi yang disetujui sebanyak 110.553. Dari jumlah tersebut, terdapat 20.772 posisi untuk CPNS dan 89.781 posisi untuk PPPK.


Berikut adalah rincian formasi yang ditawarkan:


CPNS: 20.772 posisi

PPPK: 89.781 posisi

Total Formasi: 110.553 posisi


Formasi CPNS Kemenag RI ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sejumlah jabatan yang beragam di berbagai wilayah. Jabatan-jabatan tersebut meliputi posisi penghulu, penyuluh agama, pengawas jaminan produk halal, talenta digital, penempatan di IKN, tenaga pendidik, dan jabatan lain yang terkait dengan pelayanan dasar Kemenag.


Di antara jabatan yang ditawarkan adalah tenaga pendidik, termasuk guru madrasah, guru di Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dan dosen di perguruan tinggi keagamaan negeri. Rincian formasi untuk tenaga pendidik ini sedang diuraikan oleh Kementerian Agama dan diharapkan akan mencakup ribuan posisi.


Pendaftaran CPNS Kemenag RI tahun 2024 direncanakan akan dibuka pada bulan Juni mendatang, mengikuti jadwal penerimaan CPNS secara nasional. Jadwal resmi pendaftaran akan diumumkan melalui website resmi BKN, Kemenag RI, dan akun media sosial masing-masing instansi.


Sementara itu, persyaratan pendaftaran CPNS Kemenag RI belum diumumkan secara resmi. Namun, berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, syarat pendaftaran CPNS Kemenag biasanya tidak jauh berbeda. Pelamar disarankan untuk mempersiapkan diri dengan merujuk pada syarat dan ketentuan pendaftaran CPNS tahun sebelumnya.

Post A Comment: