-->
  • Jelajahi

    Copyright © NUSAPEDIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Puasa Ramadan Berpotensi Tingkatkan Kesehatan

    Admin
    14 March 2024, March 14, 2024 WIB Last Updated 2024-06-18T14:08:47Z

    Bengkulu - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Joni Haryadi Tabrani, mengungkapkan bahwa puasa Ramadan tidak hanya memiliki nilai spiritual, tetapi juga memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan tubuh.

    Menurut Joni, puasa Ramadan yang dilakukan dengan baik dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, antara lain mencegah penyakit degeneratif, menurunkan berat badan, dan memperbaiki fungsi otak. 

    "Puasa Ramadan ketika kita jalani dengan baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, merangsang produksi hormon pertumbuhan, mengatasi resistensi insulin, dan meningkatkan perasaan bahagia," ujarnya kepada RRI pada Kamis (14/3/24).

    Lebih lanjut, Joni menjelaskan bahwa puasa juga dapat memengaruhi ritme kerja sirkadian hati dan otot rangka, yang pada gilirannya mampu memperbaiki metabolisme dan meningkatkan perlindungan tubuh terhadap serangan penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 2, dan kanker.

    "Tidak hanya itu, puasa mendorong tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi utama, sehingga fungsi sistem tubuh dapat melakukan perbaikan yang lebih baik dalam jangka waktu tertentu," tambahnya.

    Meski demikian, Joni juga menekankan pentingnya menjaga pola makan dan tidur selama bulan puasa. Beberapa kebiasaan seperti melewatkan sahur, minum air berlebihan saat sahur, tidur setelah sahur, tidur sepanjang hari, dan makan berlebihan saat berbuka puasa dapat mengganggu kesehatan tubuh.

    "Jangan begadang, hindari konsumsi berlebihan makanan gorengan dan makanan manis, karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan," tegas Joni.

    Dengan demikian, Joni berharap masyarakat dapat menjalani puasa Ramadan dengan baik dan sehat, serta memperoleh manfaat kesehatan yang maksimal dari praktik berpuasa ini.
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan