Bengkulu : Di Bengkulu, terdapat pantai yang merupakan mutiara tersembunyi dan masih mempertahankan keadaan alaminya, yakni Pantai Manula. Pantai ini sering disebut sebagai Tanah Lotnya Bengkulu.


Terletak di Desa Tebing Rambutan, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur, pantai ini mempesona dengan keberadaan tebing-tebing tinggi di sekitarnya. Perpaduan antara tebing yang tinggi ini menjadikan pemandangannya sangat indah.


Karena lokasinya yang masih cukup jauh dari keramaian, keindahan Pantai Manula dapat tetap terjaga. Dari Kota Bengkulu, kamu membutuhkan waktu sekitar 5 jam 40 menit dengan perjalanan darat sejauh sekitar 240 kilometer. Jarak yang lumayan jauh ini sebagian disebabkan karena pantai ini lebih dekat dengan Provinsi Lampung.


Nama Pantai Manula berasal dari pembangunan Jembatan Manulah Baru, yang menjadi penghubung antara Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu. Namun, meskipun dinamai "Manula", pantai ini tidak hanya dikunjungi oleh kalangan lanjut usia, melainkan juga banyak dikunjungi oleh kaum muda.


Untuk masuk ke pantai ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau. Suasana yang masih sepi dari pengunjung akan memberimu kesempatan untuk bersantai dan mengambil foto-foto yang indah. Disarankan untuk mengunjungi Pantai Manula pada musim kemarau atau hari cerah agar hasil foto kamu semakin bagus.


Salah satu spot foto yang paling populer adalah tebing yang menjorok ke pantai dan terpisah dari daratan. Tebing ini unik karena memiliki rongga, dan saat senja, sinar matahari akan memancar dari rongga tersebut, menciptakan efek yang menarik.


Pantai Manula terkenal dengan keindahan alaminya, dengan pasir putih dan air lautnya yang biru jernih, serta deburan ombak yang menenangkan. Namun, sebelum mengunjunginya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


Pertama, pastikan untuk membawa cukup makanan dan minuman karena belum banyak terdapat warung di sekitar Pantai Manula. Kemudian, perhatikan juga bahwa belum tersedia toilet di pantai ini, jadi pastikan untuk mengatur kebutuhanmu sebelum sampai di sana.


Terakhir, seperti saat mengunjungi pantai lainnya, selalu perhatikan waktu pasang surut. Di waktu pasang, tinggi air laut di Pantai Manula bisa setinggi tebing di sekitarnya, jadi selalu berhati-hati.


Salah satu hal unik tentang Pantai Manula adalah bahwa lokasinya tidak terdaftar di Google Maps. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena pantai ini terletak di jalan raya yang mudah diakses.


Kabupaten Kaur tidak hanya memiliki Pantai Manula sebagai destinasi wisata. Ada banyak tempat menarik lainnya di sekitarnya, seperti pantai, air terjun, danau, dan sungai.


Jadi, jika kamu berencana berkunjung ke Pantai Manula, pastikan untuk membawa semua perlengkapan yang diperlukan dan siapkan diri untuk menikmati keindahan alamnya.

Post A Comment: