Bengkulu : Industri mobile games terus mengalami pertumbuhan yang positif, menjadikannya salah satu tren utama dalam ekonomi kreatif tahun 2024. Tren ini tidaklah mengherankan, mengingat suksesnya banyak game lokal pada tahun sebelumnya, yang menghasilkan keuntungan rata-rata antara 400 ribu hingga 3,2 juta dolar.


Kesuksesan ini juga menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pasar mobile game terbesar ketiga di dunia berdasarkan unduhan di Google Play. Namun, tren mobile games di Indonesia tidak hanya sekadar tentang hiburan semata. Ini juga membuka peluang baru dalam dunia kerja yang menjanjikan bagi generasi muda di masa depan.


Dalam mendukung industri pengembangan game lokal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyambut baik adanya Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem dan industri game lokal buatan Indonesia.


Peraturan ini memberikan dorongan tambahan bagi para pengembang game lokal untuk lebih berinovasi dan menghasilkan karya-karya yang berkualitas. Selain itu, juga membuka peluang bagi generasi muda Indonesia yang berbakat dalam bidang pengembangan game untuk meraih kesuksesan dan menciptakan karir yang mapan di industri yang berkembang pesat ini.


Dengan berbagai kebijakan dan dukungan yang diberikan, diharapkan industri mobile games Indonesia akan terus berkembang dan menunjukkan kontribusinya yang signifikan dalam ekonomi kreatif negara. Hal ini tidak hanya akan menghasilkan hiburan yang berkualitas bagi masyarakat, tetapi juga membuka peluang bagi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja baru.

Post A Comment: