Bengkulu - Aplikasi seputar layanan bandar udara (Bandara) yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) II, Travelin hadir di Google Play Store. Inovasi digital ini dapat mempermudah para pelaku perjalanan mengakses berbagai layanan dan objek wisata di Bengkulu.

Executive General Manager (EGM) PT AP II Kantor Cabang Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Ngatimin K Murtono mengatakan, aplikasi Travelin hadir guna memberikan pengalaman terbaik dalam melakukan perjalanan udara bagi pelaku perjalanan. 

"Aplikasi Travelin ini inovasi yang kami hadirkan untuk memudahkan pengguna jasa mengakses berbagai fitur di dalamnya. Khususnya bagi yang mau berwisata ke Bengkulu, ada pilihan lengkap untuk bisa menuju tempat yang inginkan," kata Armin, sapaan akrabnya, Selasa (15/8/23).

Layanan berbasis digital ini, kara dia, dapat diakses melalui aplikasi Travelin yang dapat diunduh pada IOS & Android sistem smartphone pengguna jasa.

“Berbagai fitur telah dikembangkan, dengan menggunakan aplikasi Travelin, pengguna jasa dapat mengakses informasi atau layanan di manapun berada, sehingga pengguna jasa tak harus selalu mendapatkan informasi dan layanan ketika di Bandara saja,” ujar dia.

Pada aplikasi Travelin, di halaman beranda pengguna dapat memilih Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu di kiri atas. Setelah itu, fitur informasi dan layanan kemudian mengikuti dengan apa yang ada di Bandara Bumi Rafflesia ini.

Lalu pengguna dapat memilih ingin mendapatkan informasi atau layanan pada Before You Fly atau sebelum melakukan penerbangan, maupun While You Are Here atau saat berada di Bandara.

Pada Before You Fly, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan di antaranya E-check in, Transportation atau transportasi publik, Shop and Dine, E-Commerce, Premium Services, e-Reading dan eSIM.

Pada fitur E-check in, pengguna dapat melakukan check in keberangkatan penerbangan melalui aplikasi Travelin. Pada fitur Shop and Dine, pengguna bisa mengetahui seluruh tenant yang ada di bandara. Kemudian pada fitur Premium Services, pengguna bisa mendapatkan layanan premium seperti misalnya layanan Concierge Express dan Car Rental di Bandara.

Kemudian pada While You Are Here, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan: Tourism, Wi-Fi, Emergency, News, Link Aja, Airportainment, Hotels dan Premium Services.

Pada fitur Tourism, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi terkait destinasi wisata yang terdapat di Provinsi Bengkulu. Kemudian pada fitur Wi-Fi, pengguna bisa mendapatkan informasi untuk terkoneksi dengan Wi-Fi di Bandara. 

Kemudian pada fitur Emergency, pengguna bisa langsung terhubung dengan personel di Bandara saat membutuhkan bantuan.

Tidak hanya itu, aplikasi Travelin juga memiliki fitur Business Opportunity yang menyediakan informasi mengenai komersial dan peluang usaha di Bandara. Aplikasi Travelin juga menyediakan informasi penerbangan secara real time.

Di Travelin, pengguna juga dapat membuat Airport ID untuk mendapatkan beragam layanan berbasis teknologi seperti TravelinPass. Layanan ini memungkinkan pengguna dapat memproses keberangkatan penerbangan dengan teknologi pengenalan wajah atau biometric face recognition.

Armin menegaskan fitur informasi penerbangan di Travelin sudah terintegrasi langsung dengan Flight And Resources Management Suite (FARMS) yang mana saat ini menjadi platform utama data penerbangan dan telah mendukung tatanan operasional berbasis Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) yang ada di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

"Jadi informasi di aplikasi Travelin ini real-time dan dapat menjadi rujukan bagi pengguna jasa untuk mengetahui jadwal penerbangan,” jelas Armin.

Post A Comment: