-->
  • Jelajahi

    Copyright © NUSAPEDIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama

    Admin
    30 June 2023, June 30, 2023 WIB Last Updated 2024-06-18T14:08:19Z

    TIPS - Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah telah berlangsung. Segenap umat muslim telah menyembelih hewan kurban dan membagi-bagikannya kepada mereka yang berhak sesuai tuntunan agama.

    Setelah mendapatkan daging kurban, terkadang tidak semua dagingnya langsung diolah hari itu juga. Ada yang dimasak hanya sebagian, dan sisanya disimpan di kulkas.

    Nah, agar daging kurban yang kita terima bisa tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga, ada beberapa tips menyimpan daging kurban yang bisa diterapkan. Berikut ulasannya.

    1. Jangan dicuci

    Beberapa orang masih salah kaprah dengan mencuci daging sebelum memasak atau menyimpannya. Padahal, dengan mencucinya membuat daging akan rentan terkontaminasi bakteri jika tidak segera diolah.

    Selain itu, hal ini juga membuat daging jadi berair dan bikin tidak  awet. Jika berniat membersihkannya, kamu bisa membersihkan permukaan daging dengan tisu dapur atau lap kering.

    2. Pisahkan daging dengan jeroan

    Ini karena jeroan cenderung lebih cepat rusak dan berbau. Selain itu, juga menghindari terjadinya kontaminasi silang antara jeroan dengan daging.

    Agar tahan lama, usahakan untuk memisahkan daging dan jeroan saat menyimpannya di kulkas, ya!

    3. Potong-potong sesuai kebutuhan

    Sebaiknya giling atau potong daging sesuai kebutuhan memasak, dan disimpan di dalam beberapa wadah.

    Dengan memotong daging menjadi ukuran kecil-kecil selain agar lebih ringkas dan mudah saat diolah dan saat disimpan, ini juga bertujuan untuk meminimalkan risiko kontaminasi.

    4. Simpan dalam wadah tertutup

    Membiarkan daging mentah terlalu lama berada di suhu ruang, terlebih jika diletakkan begitu saja, bisa membuatnya rentan terkontaminasi bakteri karena bersentuhan dengan udara luar.

    Jadi, setelah membaginya sesuai porsi masak, segera simpan daging dalam wadah tertutup. Hal ini juga bertujuan agar daging kurban tidak mengkontaminasi makanan-makanan lain yang disimpan di dalam kulkas.

    5. Jangan langsung dimasukkan freezer

    Demi menjaga tekstur daging tetap terjaga dengan baik, sebaiknya simpan daging dalam chiller terlebih dahulu, baru bisa dimasukkan freezer.

    Ini agar lebih merata proses pendinginannya, dan proses pembekuannya gak terjadi secara mendadak yang menyebabkan struktur daging rusak.

    Begitu juga ketika akan diolah. Turunkan daging dari freezer ke chiller terlebih dahulu agar proses pencairan terjadi secara perlahan dan merata.

    Ternyata, cara menyimpan daging kurban agar tetap baik kualitasnya meski gak langsung diolah cukup mudah ya. Selamat merayakan hari raya kurban!

    Komentar

    Tampilkan

    Iklan