Kulineran - Provinsi Bengkulu memiliki keanekaragaman kuliner khas dan unik yang hanya bisa ditemui di daerah ini. Salah satunya adalah bay tat.


Bay tat merupakan kue mirip pai yang berisi selai nanas padat. Tak jarang, kue khas Bengkulu ini juga diberi taburan keju.


Nama bay tat sendiri berasal dari bahasa Bengkulu yang berarti bay atau induk dan tat dari kata tart, dengan kata lain, bay tat adalah kue tart-nya warga Bengkulu.


Saat ini bay tat menjadi ikon kuliner Bengkulu yang dapat dinikmati semua lapisan masyarakat, meski dulunya bay tat adalah hidangan para bangsawan. Maklum, zaman dulu Bengkulu menjadi salah satu pusat berdirinya kerajaan Melayu di antaranya kerajaan Pepinau, Selebar, dan Sungai Serut.


Salah seorang pelaku UMKM yang telah bertahun-tahun membuat bay tat adalah Bunga Feby, warga Kelurahan Kampung Bali Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu.


Bunga mengatakan pembuatan bay tat cukup mudah, yakni menggunakan bahan baku campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam, mentega. dan santan kelapa.


"Untuk menjadi adonan, kemudian dipanggang sampai mengeluarkan aroma santan yang khas, kemudian baru dioles dengan selai nanas," ungkapnya.


Saat mencoba pertama kali, kue ini akan terasa lembut dan juga sedikit renyah. Rasa selai nanasnya pun legit, pas di lidah. Cocoknya lagi, kue ini disajikan sebagai teman untuk minum kopi dan teh. 


Sebelum disajikan, bay tat perlu dipotong-potong terlebih dahulu. Ini karena bay tat biasanya dijual dalam bentuk kotak atau lingkaran, persis seperti pai di luar negeri.


Kue khas Bengkulu ini banyak dijual di aneka sentra oleh-oleh, salah satunya di Jalan Bali Kelurahan Kampung Bali milik Bunga Feby dengan harga murah yakni kisaran Rp20.000 hingga Rp25.000-an.


Bagi kamu yang berasal dari luar daerah, ketika mampir ke Bengkulu jangan lupa membeli bay tat ini, ya!

Post A Comment: