Bengkulu : Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung mencatat neto penerimaan pajak sampai dengan tanggal 31 Desember 2022 telah melebihi target tahun 2022. Sampai dengan tanggal 31 Desember 2022, jumlah neto penerimaan pajak sebesar Rp10,176 Triliun. 


Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung Tri Bowo mengungkapkan Jumlah tersebut sama dengan 118,54% dari target yang diamanatkan kepada Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung. Pencapaian ini turut menyumbang keberhasilan DJP yang sampai dengan tanggal 31 Desember 2022, telah mencapai target melebihi 100%.


Per tanggal 31 Desember 2022 seluruh KPP di Lingkungan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung telah berhasil mencapai target sebesar lebih dari 100% dari target yang ditetapkan.


Penerimaan tersebut meliputi Kantor Pelayanan Pajak (KPP), yaitu KPP Pratama Bengkulu Satu, KPP Pratama Kotabumi, KPP Pratama Bengkulu Dua, KPP Pratama Bandar Lampung Satu, KPP Pratama Natar, KPP Pratama Bandar Lampung Dua, KPP Pratama Curup, KPP Pratama Metro dan KPP Madya Bandar Lampung


Hal ini juga mengulang keberhasilan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung di 2 tahun sebelumnya, dimana pada Tahun 2020 dan 2021 Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung juga berhasil merealisasikan target penerimaan pajak. Keberhasilan ini merupakan sinergi dan partisipasi banyak pihak, terutama Wajib Pajak yang telah taat dan patuh menjalankan kewajiban perpajakannya.


Selain itu, pada Tahun 2021 dan 2022, Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung berhasil meraih pencapaian kepatuhan SPT Tahunan di atas target 100%. Untuk Tahun 2022 ini, sampai dengan tanggal 31 Desember 2022, jumlah realisasi SPT Tahunan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung adalah sebanyak 515.801 SPT. Jumlah tersebut sama dengan 113,92% dari target yang diamanatkan kepada Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung. 


Terbaru, prestasi Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung adalah berhasil mendapatkan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) yang diberikan melalui Puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Kementerian Keuangan Tahun 2022 pada tanggal 13 Desember 2022.


“Kami, seluruh jajaran Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan turut berpartisipasi dalam upaya merealisasikan penerimaan dan kepatuhan pajak, serta dalam mendukung pelaksanaan pembangunan ZI-WBK, termasuk kepada para awak media dan terutama seluruh wajib pajak yang ada di Provinsi Bengkulu dan Provinsi Lampung," kata Kepala DJP. 


"Ditengah pelemahan prospek ekonomi global, kinerja penerimaan pajak masih tumbuh positif sejalan dengan Pemulihan Ekonomi Nasional. Pajak yang anda bayarkan akan membantu mempercepat pemulihan ekonomi dan untuk membiayai pembangunan negeri kita tercinta,” kata Tri Bowo.


Tri Bowo juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai DJP di lingkungan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung atas kerja kerasnya, semangatnya dan sinerginya, sehingga amanat yang diberikan dapat tuntas dilaksanakan.


Tri Bowo juga berpesan, keberhasilan selama 3 tahun berturut-turut ini jangan membuat kita menjadi terlena, kita tetap akan melakukan evaluasi untuk persiapan menghadapi tantangan baru di Tahun 2023. 


"Kinerja dan strategi yang sudah baik akan terus dilanjutkan di Tahun 2023, kinerja dan strategi yang kurang baik akan terus diperbaiki dan jika perlu diganti untuk mencapai kesempurnaan," tukasnya.

Post A Comment: