Tips - Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, mulai dari menggunakan produk skincare tertentu hingga melakukan perawatan kulit seperti peeling wajah. Agar hasilnya maksimal, lakukan berbagai cara tersebut dengan konsisten.


Bekas jerawat hitam di pipi disebut juga hiperpigmentasi pascaperadangan. Ini karena bekas hitam muncul setelah jerawat atau luka sembuh. Perubahan warna kulit menjadi kehitaman disebabkan oleh peningkatan produksi melanin (pigmen) akibat respons alami kulit terhadap peradangan.


11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi - Alodokter


Salah satu faktor yang membuat peradangan bertahan lebih lama hingga akhirnya menimbulkan bekas jerawat adalah kebiasaan memencet atau memecahkan jerawat.


Bekas jerawat hitam dapat hilang dengan sendirinya. Namun, agar warna kulit lebih cepat merata, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang bisa dicoba.


Beragam Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Bekas jerawat hitam di pipi akan memudar dengan sendirinya dalam waktu 3 bulan sampai 2 tahun. Jika ingin bekas jerawat hilang lebih cepat, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini:


1. Menggunakan produk yang mengandung AHA

Produk perawatan kulit yang mengandung AHA bisa Anda temukan dalam bentuk losion, krim, atau gel.


AHA (alpha hydroxy acids) merupakan zat bersifat asam yang dapat merangsang proses pengelupasan alami kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bersih. Oleh karena itu, AHA kerap digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.


Selain memudarkan bekas jerawat hitam, AHA juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan menghaluskan kulit.


2. Menggunakan retinol

Retinol merupakan zat turunan vitamin A yang banyak dipakai sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit. Setelah terserap oleh kulit, retinol dapat memperbaiki warna serta tekstur kulit.


Selain menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, retinol juga digunakan untuk mengatasi jerawat, mengurangi komedo, dan memudarkan garis halus atau keriput.


Meski demikian, produk skincare yang mengandung retinol umumnya tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil atau ibu menyusui.


3. Mengoleskan krim yang mengandung hydroquinone

Krim hydroquinone banyak digunakan sebagai salah satu produk untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Hydroquinone merupakan senyawa yang dapat menghambat produksi melanin, sehingga warna kulit merata dan wajah tampak lebih cerah.


Untuk mencerahkan kulit secara optimal, hydroquinone biasanya dikombinasikan dengan bahan lainnya, seperti asam glikolat, asam kojik, vitamin C, dan tretinoin. Krim hydroquinone hanya boleh digunakan sesuai dosis dan anjuran dokter.


4. Menggunakan produk yang mengandung niacinamide

Produk perawatan kulit, baik pelembap maupun serum, yang mengandung senyawa niacinamide 5% diketahui mampu menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Selain itu, produk dengan niacinamide juga dipercaya dapat mengurangi kerutan di kulit wajah, memperbaiki tekstur kulit, dan melembapkan kulit.


5. Mengoleskan krim wajah yang mengandung asam kojik

Asam kojik atau kojic acid dapat mengurangi produksi melanin di kulit, sehingga membuat warna kulit tampak lebih cerah. Zat ini memiliki efek yang mirip dengan hydroquinone dan tergolong efektif untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.


Asam kojik umum ditemukan dalam produk perawatan kulit, seperti masker, serum, krim, dan pembersih wajah. Asam kojik biasanya baru memberikan hasil yang optimal dalam menghilangkan bekas jerawat hitam setelah digunakan selama sekitar 3 bulan.


6. Menggunakan produk dengan azelaic acid

Jika tidak cocok dengan produk yang mengandung hydroquinone, Anda bisa menggunakan produk dengan azelaic acid untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Senyawa ini kerap digunakan untuk merawat kulit berjerawat dan mengatasi perubahan warna kulit akibat hiperpigmentasi


Meski demikian, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung azelaic acid harus di bawah pengawasan dokter.


7. Mengoleskan serum vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat merupakan antioksidan kuat yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum dan juga kulit wajah. Penggunaan serum vitamin C diketahui dapat membantu mencegah munculnya jaringan parut dan meratakan warna kulit.


Vitamin C akan meningkatkan produksi kolagen, sehingga bekas jerawat hitam akan memudar dan tekstur kulit menjadi lebih halus.


8. Mengonsumsi ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur (grape seed extract) dapat membantu memudarkan bekas hitam di pipi akibat jerawat.


Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa menggunakan krim atau gel yang mengandung ekstrak biji anggur selama sekitar 6 bulan bermanfaat untuk mengatasi bercak hitam di kulit akibat melasma serta hiperpigmentasi pascaperadangan.


9. Mengoleskan tabir surya

Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap akan beraktivitas di luar ruangan turut menjadi kunci penting dalam menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Pasalnya, tanpa perlindungan yang tepat, paparan sinar UV akan membuat bekas jerawat menjadi lebih gelap dan makin sulit dihilangkan.


Selain itu, sebisa mungkin hindari melakukan aktivitas di luar ruangan pada pukul 10.00–14.00 untuk menghindari sinar matahari yang sangat terik. Sebagai perlindungan tambahan, Anda juga bisa menggunakan topi bertepi lebar agar kepala, telinga, serta leher tidak terpapar sinar matahari langsung.


10. Melakukan chemical peeling

Chemical peeling dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Metode ini membantu mengelupas kulit terluar dan menampilkan lapisan kulit di bawahnya yang lebih halus dan cerah. Anda bisa memilih produk peeling dengan kandungan AHA atau BHA yang dijual bebas.


Namun, jika bekas jerawat hitam tampak sangat gelap, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan chemical peeling yang sesuai dengan kondisi Anda.


11. Melakukan terapi sinar atau laser

Terapi laser atau terapi sinar untuk wajah (intense pulsed light) merupakan salah satu metode yang cukup efektif untuk menghilangkan bekas jerawat menghitam di wajah. Terapi ini dapat menangani bekas jerawat hitam yang tidak bisa dihilangkan dengan obat-obatan atau produk skincare.


Lakukan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi secara rutin untuk meratakan warna kulit sekaligus membantu mencerahkan wajah Anda. Namun, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mencobanya, terutama jika Anda sedang hamil.


Apabila berbagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi tidak bisa memudarkan noda hitam yang muncul, Anda dapat berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi bekas jerawat hitam di pipi Anda dan merekomendasikan pengobatan yang sesuai.

Post A Comment: