-->
  • Jelajahi

    Copyright © NUSAPEDIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Jalani Adat Siraman, Kaesang Hingga Iriana Menangis Haru

    Admin
    09 December 2022, December 09, 2022 WIB Last Updated 2024-06-18T14:07:46Z



    Surakarta: Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, melanjutkan rangkaian prosesi adat pernikahannya dengan Erina Gudono, Jumat (9/12/2022). Rangkaian pernikahan diawali dengan menjalani sungkeman dan siraman di kediaman, Sumber, Kota Solo.

    Presiden mengatakan, Ibu Negara Iriana dan sang menantu Boby Nasution menangis terharu saat menjalani prosesi sungkeman. “Tadi Ibu (Iriana) yang pertama kali menangis, mas Bobby aja nangis juga,” kata President. 

    Kaesang pun larut dalam suasana haru tersebut. Kaesang juga nangis bahagia dalam menjalani serangkaian adat istiadat Jawa.

    “(Perasaannya) bahagia. Nangis tadi,” kata Kaesang.

    Iriana pun menjelaskan, jika tangisan keluarga Jokowi tersebut merupakan luapan kebahagiaan atas pernikahan Kaesang-Erina. Iriana mengaku, dulu saat melangsungkan prosesi siraman untuk Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu juga menangis bahagia.

    “Tadi nangis seneng, bahagia. Putra sulung, tengah, bungsu sama semua (menangis),” kata Iriana. 

    Ia pun menitipkan harapan untuk masa depan Kaesang. “Yang pasti selalu bahagia ya Le (Kaesang).” ujarnya. 

    Prosesi sungkeman dan siraman ini diawali dengan pemasangan bleketepe (anyaman daun kelapa) oleh Presiden di depan kediaman. Setelah itu, sekitar pukul 08.15 WIB, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman. 

    Kaesang kemudian bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya. Tak lama berselang, Kaesang bersama kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman Sumber. 

    Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu. Setibanya di kediaman, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air. 

    Sumber mata air itu diberikan dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga. Tujuh sumber mata air tersebut yaitu berasal dari Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging. 

    Kemudian Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo. Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. 

    Presiden didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu.

    Mulai dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud Md, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Berikutnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)Hadi Tjahjanto.

    Selanjutnya Idong Setyo Husodo, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution. Selepas itu, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. 

    Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman. Pernikahan Kaesang dan Erina rencananya akan digelar di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/13/2022). 


    Komentar

    Tampilkan

    Iklan