Bengkulu : Memasuki libur hari besar Natal dan menyambut tahun baru 2023 menjadi momen berkumpul bersama keluarga. Tak sedikit memilih menghabiskan waktu untuk berlibur dan mengunjungi pusat wisata pilihan yang ada di daerah. 


Di Bengkulu, objek wisatanya sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata buatan hingga ekowisata. Banyaknya pilihan yang dapat dituju para wisatawan. Berikut ini rangkuman wisata alam yang dapat menjadi referensi untuk menghabiskan waktu berlibur.


Air Terjun Sengak Bengkulu Tengah


Air terjun yang berada di provinsi Bengkulu, tepatnya di kabupaten Bengkulu Tengah. Air terjun ini dalam beberapa waktu terakhir menarik para wisatawan, wisatawan beramai-ramai mengunjungi objek wisata alam ini, Air terjun Sengak yang berada di desa Tanjung Heran, kecamatan Taba Penanjung ini bisa di tempuh sekitar 1.5 kilometer dari jalan raya. 


Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota yaitu 35 hingga 40 menit saja kita sudah sampai dan bisa langsung menikmati objek wisata yang satu ini.


Air terjun Sengak sendiri berasal dari bahasa Rejang, Sengak yang berarti air yang dingin, untuk sampai ke objek wisata yang satu ini, wisatawan bisa menaiki ojek yang di sediakan oleh warga dengan harga Rp10 ribu saja, atau para pengunjung juga bisa berjalan kaki. 


Curug Embun Kepahiang


Salah satu air terjun favorit yang sering dikunjungi wisatawan adalah Curug Embun. Wisata Curug Embun sendiri terletak di Desa Tapak Gedung Kecamatan Tebat Karai Kepahiang.


Bagi para wisatawan yang ingin berwisata alam bersama keluarga Curug Embun sangat cocok untuk dikunjungi. Dengan akses jalan yang sudah sangat bagus memudahkan wisatawan berkunjung kesana. Dan lokasi parkir yang sangat dekat dengan air terjun wisatawan tak harus berjalan jauh untuk sampai ke air terjun.


Pengunjung dapat memasuki curug Embun dengan mudah karena aksesnya yang sudah dibangun. Untuk masuk pengunjung hanya perlu mengocek Rp10 ribu hingga Rp15 ribu perorang.


Bukit Jipang Rejang Lebong


Objek wisata alam Bukit Jipang, menjadi destinasi wisata pilihan, bukan hanya masyarakat Bengkulu, namun juga dari berbagai provinsi tetangga, dan traveler. Objek wisata yang terletak di Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu ini, menawarkan pemandangan alam khas pegunungan dan lokasi camping.


Di lokasi, pengunjung dapat melihat hutan yang hijau dan elok dipandang, sekaligus dapat mengabadikan melalui lensa android untuk kebutuhan media sosial. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat Kota Curup dan Lubuklinggau, namun dengan catatan tidak sedang berkabut.


Dari Kota Bengkulu, dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam ke lokasi. Untuk harga tiket masuk, hanya Rp 10 ribu setiap pengunjung dan Rp 35 ribu permalam bagi yang akan camping di lokasi.


Di lokasi juga menawarkan beberapa lokasi untuk spot berfoto dengan background hutan yang hijau dan pemandangan lokasi pemukiman warga di kejauhan.


Pantai Laguna Kaur


Bagi teman-teman yang mudik ke Kabupaten Kaur dan sekitarnya tidak lengkap kalau belum berkunjung Ujung Lancang yang terletak di Desa Merpas, kecamatan Nasal dikenal dengan Nama Pantai Laguna Samudera Kabupaten Kaur  merupakan pantai yang memiliki daya tarik berupa pantai yang indah, landai serta berpasir putih dengan air laut yang jernih.


Pantai Laguna Samudra ini ini terletak di pesisir pantai ini sekira 25 Km dari Kota Bintuhan dan 3 jam perjalanan dari Kota Manna Bengkulu Selatan ke arah Propinsi Lampung. Objek wisata andalan Kabupaten Kaur ini telah menjadi tujuan utama bagi wisatawan lokal maupun dari luar Provinsi Bengkulu bahkan wisatawan mancanegara pun sering berkunjung. 


Fasilitas yang tersedia di pantai Laguna Ujung Lancang berupa penginapan yang kini telah memiliki fasilitas okomodasi hunian sebanyak 17 kamar yang semuanya menghadap ke samudera lepas, toilet dan fasilitas parkir yang dapat menampung 100 lebih kendaraan bermotor. Pemda Kaur berencana akan menjadikan Pantai Laguna sebagai wisata unggulan yang diharapkan akan menarik lebih banyak lagi pengunjung baik domestik maupun mancanegara. 


Pantai Pasar Seluma


Objek wisata Pantai Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan selalu menjadi primadona masyarakat di Kabupaten Seluma dan luar daerah untuk berlibur hari besar keagamaan maupun tahun baru bersama keluarga. 


Pengunjung Pantai Seluma selalu membeludak di libur karena pantainya yang bersih dan pasir putihnya disertai eksotisnya pohon cemara. Untuk sampai ke sini hanya membutuhkan waktu sekira 30 menit dari pusat kota Kabupaten Seluma. 


Selain pantai yang bagus, mengunjungi objek wisata satu ini tak butuh mengocek uang banyak. Hanya Rp5 ribu bagi wisatawan untuk menempatkan kendaraan di seputaran objek wisata Pantai Seluma ini. 


Air Terjun Trisaksi Rejang Lebong


Air terjun Tri Sakti yang terletak di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong benar-benar menjadi objek wisata unggulan baru di Rejang Lebong. Hal ini dibuktikan dengan ribuan orang yang datang berkunjung pada saat libur panjang hari libur keagamaan dan tahun baru.


Bukan hanya warga lokal Rejang Lebong saja, namun ada yang dari Bengkulu, Lubuklinggau, Palembang, Jambi bahkan dari Jakarta.


Objek wisata ini semakin populer belakangan ini karena masuk dalam 50 besar nominasi desa wisata terbaik di Indonesia. Didukung dengan akses yang tidak terlalu jauh dari jalan lintas Curup – Lubuklinggau di Desa Belitar dan biaya masuk yang hanya Rp 20 ribu per orang sudah termasuk parkir kendaraan membuat daya tarik tersendiri.


Belum lagi pemandangan Air Terjun Tri Sakti yang menjulang tinggi menambah pesona alam ini semakin nyaman untuk dikunjungi.


Itulah tadi objek wisata pilihan yang mudah dan murah untuk dikunjungi. Semoga dengan berlibur, kamu dapat kembali bersemangat dalam menjalankan tugas-tugas berat berikutnya.

Post A Comment: