-->
  • Jelajahi

    Copyright © NUSAPEDIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    10 Tempat Wisata di Tenggamus yang Seru Untuk Dikunjungi

    Admin
    09 December 2022, December 09, 2022 WIB Last Updated 2024-06-18T14:08:19Z

    Lampung - Ada banyak tempat wisata di Tanggamus Lampung. Sangat banyak bahkan masih ada yang ‘tersembunyi’, belum banyak didatangi traveler. Destinasi tersebut antara lain Teluk Kiluan, Gigi Hiu Pegadungan, Pantai Karang Bolong di Limau, Air Terjun Tirai, Air Terjun Lembah Pelangi, sumber air panas di Ulu Belu, dan masih banyak lagi.


    Menuju Tanggamus pun sangat mudah saat ini. Ada Bus Damri Lampung yang beroperasi dari berbagai kota besar. Seperti dari Jakarta, Bandung, dan Bogor.


    Bagi kamu yang penasaran dan ada rencana jalan-jalan ke Tanggamus, bisa follow akunnya: @genpi.tanggamus


    Daftar Tempat Wisata di Tanggamus


    1. Teluk Kiluan


    Teluk Kiluan saat ini sudah terkenal se-Indonesia, menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Provinsi Lampung. Yang menjadi daya tarik Teluk Kiluan adalah banyak sekali lumba-lumba disekitarnya.


    Sekitar 30-60 menit berperahu keluar Teluk, kamu bisa menjumpai banyak lumba-lumba di habitat aslinya. Karena disekitar Teluk Kiluan masih banyak terdapat sumber makanan lumba-lumba.


    Ada lumba-lumba paruh panjang dan lumba-lumba hitung botol disini.


    2. Gigi Hiu Pantai Pegadungan


    Gigi Hiu di Pantai Pegadungan merupakan salah satu spot foto di Lampung yang menjadi surganya para fotografer lanskap. Susunan batu karang yang runcing-runcing menjadikannya subyek foto yang menarik bagi para pehobi fotografi.


    Dipopulerkan pertama kali oleh 3 fotografer senior Lampung; Budhi Marta Utama, Rudi Huang, dan Yopie Pangkey. Yopie Pangkey saat ini adalah Ketua Divisi Organisasi dan SDM GenPI Nasional.


    Dijuluki ‘Gigi Hiu’ oleh mereka bertiga, untuk membedakan dengan banyak batu layar di Indonesia. Semua batu layar biasanya megah dan bagus untuk difoto. Dengan menjuluki “Gigi Hiu” ternyata berhasil menarik banyak fotografer landscape Indonesia bahkan fotografer dari negara-negara Asia.


    3. Pantai Karang Bolong Limau


    Tanggamus juag memiliki Karang Bolong, namun tidak semegah karang bolong di daerah lain di Indonesia. Namun demikian Karang Bolong di Limau ini juga menarik untuk didatangi.


    Kamu bisa foto-foto dengan latar belakang Karang Bolong. Dan disaat air laut surut, kamu bisa menaiki karang ini.


    4. Air Terjun Lembah Pelangi


    Dinamakan Air Terjun Lembah Pelangi, karena disaat-saat tertentu pengunjung bisa melihat pelangi di atas air terjun ini. Pelangi tersebut dihasilkan dari uap air yang terbang ke udara dari hempasan air yang kuat di dinding air terjun.


    Untuk ke Air Terjun Lembah Pelangi, kamu harus mengarahkan kendaraanmu ke Kecamatan Ulu Belu. Sebelum mencapai Ulu Belu Geothermal, kamu bisa bertanya ke warga disekitar dimana lokasi air terjun ini.


    5. Geothermal Ulu Belu Tanggamus


    Sebelum ke air terjun Lembah Pelangi, kamu bisa melihat-lihat geothermal yang ada di Ulu Belu. Ada pembangkit listrik disini, kamu bisa melihat kepulan uap airnya dari kejauhan.


    Dan ada beberapa sumber air panas yang bisa kamu datangi dan foto-foto. Salah satunya adalah danau hijau, yang di beberapa titiknya terlihat letupan air panas dari dalam bumi.


    6. Air Terjun Tirai Lebuay


    Kamu sudah bisa menebaknya. Disebut Air Terjun Tirai karena jatuhan airnya yang menyerupai tirai. Ada juga yang menjulukinya sebagai air terjun misteri. Karena terdapat berbagai cerita-cerita mistis yang beredar di masyarakat sekitar.


    Untuk sampai di Air Terjun Tirai, dari Bandar Lampung kamu berbelok ke kanan di Talang Padang ke arah Bendungan Batu Tegi. Ikuti saja jalan tersebut sampai menjumpai jembatan kuning yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua/motor.


    Dari jembatan kuning, kamu akan melewati 2 dusun dan berbelok ke kanan di pertigaan. Jangan ragu untuk bertanya ke warga yang kamu jumpai arah tepatnya ke air terjun yang indah ini.


    7. Air Terjun Queen


    Air terjun indah selanjutnya yang ada di Tanggamus adalah Air Terjun Queen. Berada di kawasan Register 39, namun bukan berarti kamu tidak bisa mendatanginya.


    Alam sekitar air terjun ini masih begitu asri dan menyegarkan. Bentukan air terjunnya sangat indah untuk kamu rekam menjadi foto maupun video.


    Dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Ratu, lokasinya berada di ketinggian 590 dpl. Sedangkan ketinggian air terjunnya sekitar 50an meter.


    Air terjun Ratu berada di dusun Talang Ramban desa Datar Lebuay kecamatan Air naningan. Menjadi cikal bakal sungai atau Way Sekampung dan air terjun ini adalah berada di aliran Way Sekampung Kuning.


    8. Air Terjun Jarum


    Tanggamus ternyata surganya penikmat air terjun. Kamu bisa mendatangi puluhan air terjun yang tersebar di sekitar kaki Gunung Tanggamus. Salah satu yang tak kalah indah adalah Air Terjun Jarum.


    Air terjun indah yang memiliki dua air terjun alias air terjun kembar ini berada di Pekon Lebuay Datar, Air Naningan. Akan membuat siapapun yang melihatnya terpesona.


    9. Air Terjun Way Lalaan


    Kalau kamu mau menikmati keindahan fenomena alam berupa air terjun dan tidak mau bersusahpayah trekking, maka Way Lalaan jawabannya.


    Air terjun ini berada tidak jauh di pinggir jalan raya sebelum memasuki Kotaagung, ibukota Kabupaten Tanggamus.


    Ada 2 air terjun Way Lalaan. Untuk menuju air terjun kedua, kamu harus trekking menempuh jalur yang sedikit melelahkan. Namun kalau mau santai saja, ya cukup di air terjun pertamanya saja.


    10. Rhino Camp


    Lampung, khususnya Tanggamus, ternyata memiliki tempat wisata yang memiliki Bunga Rafflesia Arnodii. Kalau kamu penasaran ingin melihatnya, langsung saja meluncur ke Rhino Camp yang berjarak sekitar 38 kilometer dari Kotaagung.


    Di Rhino Camp, kamu bisa melihat bunga Padma raksasa ini mekar di habitat aslinya. Disini ada beberapa spot yang biasanya ditumbuhi Rafflesia Arnoldii.


    Untuk bisa datang dan melihatnya, kamu terlebih dahulu harus mengurus perizinan di Kantor BBTNBBS Kotaagung.

    Komentar

    Tampilkan

    Iklan