Temanggung — Menuju Temanggung melewati jalur kota akan merasakan keramaian, dan hiruk pikuk kemacetan. Kejenuhan perjalanan ditambah dengan deru mesin kendaraan. Membuat kita tidak dapat menikmati perjalanan. 

Kali ini kalian dapat memilih jalan alternatif untuk menghindari kondisi tersebut. Jalan pintas yang akan dilalui adalah menyusuri area persawahan, kalian bisa sambil menikmati pemandangan alam. Apabila lelah dalam perjalanan dapat juga istirahat sejenak di kedai kopi. 

Kedai kopi Pesona Ginteran terletak di Jalan Sumowono-Kaloran, Krajan, Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung. Saat melintas jalan ini, kita dapat berhenti sejenak di kedai ini. Di bagian sudutnya tampak pemadangan indah, seperti negeri di atas awan yang dilengkapi dengan udara sejuk. 

Sawah tampak terbentang luas di sana. Aroma kebun sayur yang dapat tercium oleh indra penciuman kita mampu menghilangkan kepenatan yang dirasa. Apa lagi jika menikmati suasana ini dengan secangkir kopi dari kedai di sini. 

Pesona Ginteran berada di sudut bukit, menghadap lembah luas berselimut sawah hijau nan elok. Sepanjang hamparan sawah tersebut wisatawan dapat menikmati megahnya barisan kaki Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan dataran tinggi Dieng. 

Aneka kopi khas Temanggung disuguhkan, yaitu kopi arabika, robusta, liberika, dan ekselsa. Kopi-kopi ini merupakan hasil petik langsung petaninya, sehingga cita rasa asli dapat memikat hati untuk singgah. Perpaduan jenis kopi arabika dan robusta menciptakan karakteristik unik. Ada rasa asam arabika dan rasa pahit robusta menjadi tantangan wisatawan untuk mencicipi. 

Selain kopi, di tempat ini juga menyediakan wedang uwuh, wedang rempah, singkong keju, mendoan, mie goreng, pisang keju, dan lainnya.

Aroma khas kopi dan wedang uwuh menjadi incaran wisatawan yang berkunjung. Perpaduan rempah wedang uwuh menciptakan kehangatan mulut merasuk ke badan, cita rasa pedas jahe menyatu dengan cengkeh, kayu manis, sereh, gula batu menggugah selera sambil menikmati udara dingin sepanjang kedai. Selain meja panjang disediakan gazebo mini berhadapan langsung dengan eloknya sekitar kedai.

Jika melewati daerah Kaloran, Temanggung jangan lupa singgah ke kedai kopi Pesona Ginteran, tentunya tetap mematuhi protocol kesehatan.

Post A Comment: