Jambi — Si Gerincing merupakan nama air terjun yang terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah masurai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Air terjun dengan ketinggian sekitar 60 meter ini termasuk situs geologi hasil patahan kegiatan tektonik bumi di Sungai Siau. Bebatuan yang terpatahkan merupakan hasil erupsi Gunung Masurai pra kaldera yang terdiri atas lava andesit - basalt dan material tuff diatasnya.

Untuk mengunjungi Si Gerincing, kita harus menempuh jarak sejauh 75 km. Dengan menaiki kendaraan roda empat perlu waktu kurang lebih dua jam perjalanan dari Bangko, Merangin. Akses jalannya sudah cukup baik.

Setibanya di tempat ini, kita hanya perlu membayar uang parkir kendaraan, dan melanjutkan dengan jalan kaki selama 10 menit. Melewati jalan tebing yang sudah dicor untuk sampai ke bawah air terjun. Jalan cornya cukup curam, dengan kemiringan hampir 45 derajat. Jadi, persiapkan fisik kalian ya sebelum memutuskan untuk turun ke bawah.

Jangan takut, semua perjuangan itu akan terbayar ketika sampai di air terjun. Suasana yang masih sangat asri, pemandangan pepohonan alami menghijau di sekeliling tebing air terjun, dan udara sejuk disuguhkan ditempat ini. Aliran air mengalir di sela-sela batu yang tampak jernih pun disuguhkan di depan mata pengunjungnya.

Suara gemuruh air terjun dari ketinggian juga terdengar dan mampu menciptakan embun sejauh 50 meter. Jadi kalau SobatQ mau hunting foto, jangan lupa untuk selalu mengelap lensa kamera kalian ya, karena pasti akan mengembun. 

Jika kalian berkunjung saat ada sinar matahari dan cuaca tidak mendung, maka kemungkinan besar kalian bisa melihat efek pelangi yang dihasilkan disekitar air terjun. Jadi bagaimana? Sudah siap meluangkan waktu untuk berkunjung ke sini? 

Post A Comment: