-->
  • Jelajahi

    Copyright © NUSAPEDIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dua Kabupaten Penghasil Bawang Merah di Bengkulu

    Admin
    17 September 2022, September 17, 2022 WIB Last Updated 2022-09-17T14:36:21Z

    Bengkulu - Dua wilayah kabupaten di Provinsi Bengkulu, yakni Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong sudah menghasilkan komoditi bawang merah.


    Dengan itu tak ada yang perlu dikagetkan dengan dinobatkannya Provinsi Bengkulu sebagai lumbung bawang merah.


    Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan, mengatakan, saat ini tercatat sejumlah petani di Bengkulu sudah berhasil memroduksi bawang merah. Seperti di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong.


    "Beberapa petani di sana menanam komoditi bawang merah, dan saat ini tanaman bawang merah tersebut diketahui sudah produksi atau menghasilkan," ungkap Ricky pada Sabtu, (17/9/2022).


    Selain itu Ricky menerangkan, dinobatkannya Provinsi Bengkulu sebagai lumbung bawang merah, bukan bearti angka produksi bawang merah di Bengkulu lebih tinggi dibandingkan provinsi lain yang dikenal sebagai penghasil bawang merah.


    Melainkan hasil produksi daerah Bengkulu, mampu memenuhi kebutuhan dalam daerah sendiri.


    “Bawang merah yang dihasilan petani Provinsi Bengkulu, mencukupi untuk kebutuhan pasar local, sehingga harga bawang merah tetap stabil, dan tidak menjadi penyumbang inflasi. Sementara sama-sama kita ketahui jika komoditi bawang merah, ditingkat nasional menjadi penyumbang inflasi," jelasnya.


    Terpisah, Kepala Dinas Perindag Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful menyampaikan, Kabupaten Kepahiang merupakan salah satu daerah di Provinsi Bengkulu penghasil bawang merah.


    Dimana petaninya merupakan binaan Bank Indonesia sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah. “Dengan jumlah itu, tentu keberlanjutan budidaya bawang merah di daerah harus terus dijaga," ujarnya.


    Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Heri Purwanto menyampaikan, beberapa petani di Rejang Lebong memang menanam bawang merah. Bahkan beberapa diantaranya sudah produksi. Namun untuk luasannya ia kurang tahu pasti.


    “Rejang Lebong sudah menghasilkan bawang merah dan setiap hari selalu dibawa ke Bengkulu," tukas anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari Dapil Rejang Lebong dan Lebong ini.

    Komentar

    Tampilkan

    Iklan