Bengkulu : Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu meluncurkan website pariwisata satu pintu sebagai upaya menggalang promosi wisata di setiap kabupaten. Website tersebut dapat diakses melalui https://pariwisata.bengkuluprov.go.id/.


Peluncuran ini dilakukan langsung Kepala Dispar Provinsi Bengkulu Saidirman dengan menghadirkan Dispar Kabupaten/Kota, pengelola destinasi wisata, pengelola UMKM dan pengelola resto/kuliner.


Saidirman menyampaikan, sebelum kegiatan launching berlangsung, diadakan sosialisasi kepada peserta mengenai input data untuk menu website terkait di sektor kepariwisataan. 


"Jadi kedepan di daerah bisa input data sendiri secara mandiri, karena akses untuk loginnya sudah diberi," ujar Saidirman, Kamis (25/8/2022).


Saidirman mengatakan aplikasi ini menyediakan banyak informasi kepariwisataan. Mulai dari akomodasi perhotelan, rumah sakit dan banyak destinasi wisata di Bengkulu. 


"Adapula informasi pendukung lainnya seperti pusat kuliner, aksesibilitas dan, produk ekraf dan lainnya," kata Saidirman. 


Dia menambahkan, melalui aplikasi ini, wisatawan dapat merencanakan kunjungan dan melakukan eksplorasi wisata secara virtual maupun menjadi referensi tujuan berwisata langsung. 


"Sehingga, wisatawan dapat menikmati dengan kunjungan wisata secara berkualitas di Bengkulu," kata dia.


Sebagai langkah efektif dan berkelanjutan, Dispar Provinsi Bengkulu mengajak Dispar di daerah dapat menginput sendiri data objek wisatanya ke dalam website.


"Dengan adanya website satu pintu ini dapat menghimpun daftar objek wisata apa saja yang dimiliki daerah tanpa harus membuka website Dispar yang dibuat masing-masing," katanya.


Saidirman berharap, aplikasi ini bisa mempermudah wisatawan untuk mengakses fasilitas wisata di Bengkulu.


Setelah sosialisasi dilaksanakan, dilanjutkan launching website oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, didampingi Kadis Pariwisata Provinsi Bengkulu beserta jajaran.

Post A Comment: