Bengkulu Selatan - Pertarungan seru berlangsung pada ajang Balapan Motor Sumatera Cup Prix 2022 atau SCP seri ketiga di Sirkuit Padang Panjang Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu.

Balapan yang berlangsung sejak Jumat hingga Minggu (5-7/8/2022) itu berlangsung diikuti para petarung dari penjuru daerah di Pulau Sumatera. Hingga Minggu, tiga balapan kelas bebek tutup gelaran SCP dengan melahirkan beberapa juara.

Pertarungan SP1 atau Bebek 2T 120 cc Pemula Terbuka dimenangkan oleh Rama SR, rider yang membela tim Jaya Sentosa ZTRI Motor. Rama SR bukan hanya meraih podium juara tapi juga sukses bikin Maruli Laden bertekuk lutut alias kalah. Maruli Laden yang membawa bendera tim H Helmi Hasan Racing Team dari Kota Bengkulu adalah kandidat kuat juara di kelas ini.

Pada Kelas Bebek 4T TU 130 atau lebih dikenal dengan MP4 berhasil dikuasi oleh Suhandi Padang 88 dari Sumatera Barat. Duo pembalapnya berhasil podium 1 dan 2 di seri ketiga Sumatera Cup Prix 2022.

Mereka adalah Danial Damar dan Riyan Ananda. Keduanya mampu tampil optimal dan menguasai race sepanjang lap. Dominasi ini membuktikan bahwa tim kuat pulau Sumatera itu memang punya potensi untuk raih kemenangan di SCP 2022.

“Alhamdulillah bisa menjuarai race MP4. Terimakasih pada tim dan semua yang mendukung. Saya memang diuntungkan tadi start terdepan. Makanya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan,” ucap Danial Damar.

“Race tadi seru dan sempat mendapat tekanan dari posisi ketiga. Tapi di lap akhir saya berhasil kembali ke posisi kedua,” timpal Riyan Ananda.

Pada kelas utama Bebek 2T TU 130 atau Underbone 2T di ajang balap. Rio Andrian yang memacu Yamaha 125Z milik tim Galak-Galak itu tampil optimal dan berhasil jadi jawara.

Tentunya ini jadi catatan gemilang, pasalnya Rio Andrian mampu menggebrak kelas utama yang pada kesempatan kali ini untuk menentukan juara paruh musim. Rio Andrian mampu unggul atas rival-rivalnya yang punya poin. 

Ditutup

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menutup gelaran Sumatera Cup Prix Nasional Championship 2022 (SCP 2022) ronde 3 di Sirkuit Padang Panjang Manna Bengkulu Selatan, Minggu 07/8/2022.

Selain menjadi sarana untuk meningkatkan prestasi generasi muda di bidang balap dan otomotif, SCP 2022 juga menjadi salah satu daya tarik wisata. Di mana animo masyarakat untuk hadir mengikuti jalannya balapan sangat tinggi.

"Antusias masyarakat sangat tinggi bahwa olahraga ini betul - betul media untuk mencari prestasi, di sisi lain juga menjadi daya tarik wisata dan sebagai penggerak ekonomi kerakyatan. Saya kira potensinya besar sekali. Kita menyambut baik hal seperti ini," jelas Gubernur Rohidin.

Tak hanya apresiasi, Gubernur Rohidin sendiri terus mendukung kegiatan - kegiatan positif seperti ini. Ia pun mengutarakan bahwa ke depannya Provinsi Bengkulu perlu mempunyai sarana seperti Sirkut Balap yang representatif untuk skala provinsi.

"Saya berbincang dengan ketua IMI Bengkulu, memang sudah saatnya kita memikirkan bagaimana membangun arena sport seperti ini  yang representatif untuk ukuran provinsi, tetapi akan kita pastikan dulu ketersediaan lahan yang mungkin 10 hingga 15 hektar, karena juga bisa digunakan multifungsi kawasan - kawasan seperti ini," papar Gubernur Rohidin.

Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi, Gubernur Rohidin berpesan agar menjaga keselamatan dengan mentaati dan tidak melewati batas - batas yang telah ditentukan guna menghindari hal - hal yang tidak di inginkan baik bagi penonton juga bagi pembalap.

"Bagi penonton tolong pada posisi aman, jangan mendekati area - area yang mungkin bisa menimbulkan hal - hal yang tidak diinginkan, ini penting sekali pastikan memberikan rasa aman bagi semua orang termasuk bagi pesarta lomba," pesan Rohidin.

Beberapa kategori yang dilombakan pada gelaran Sumatera Cup Prix Nasional Championship 2022 (SCP 2022) ronde 3 di Sirkuit Padang Panjang Manna Bengkulu Selatan ini di antaranya kategori bebek 2 tak std 120 cc dan bebek 2 tak tune-up (underbone) 130 cc.

Post A Comment: