-->
  • Jelajahi

    Copyright © NUSAPEDIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet, Gratis Tanpa Modal Nih!

    Admin
    27 May 2024, May 27, 2024 WIB Last Updated 2024-06-18T14:08:41Z

    Tips - Mendapatkan uang tak melulu dengan bekerja fisik. Cara mendapatkan uang dari internet juga banyak sekali, dan hampir semuanya cukup mudah untuk Anda coba di era digital seperti sekarang ini. Dunia online membuka peluang bagi Anda untuk cari uang lewat internet, atau mendapatkan penghasilan tambahan online.


    Mau tahu langkah-langkahnya? Yuk baca karena kami akan membeberkan cara mendapatkan uang dari internet secara lebih jelas, lengkap dengan alat atau platform yang Anda butuhkan untuk memulainya. Selamat mencoba dan semoga sukses!


    1. Jualan Foto dan Video Online

    Kalau Anda suka foto-foto atau merekam video, cobalah jual foto online atau konten lainnya untuk cari uang online dari hobi ini. Sambil menyelam minum air, Anda bisa menjalankan hobi sambil mendapatkan penghasilan sampingan.


    Banyak perusahaan dan pemilik bisnis yang membutuhkan konten stok untuk marketing campaign, iklan, dan websitenya. Para pembeli ini terus mencari konten-konten dan perspektif yang fresh serta unik agar perusahaan mereka bisa menggaet lebih banyak pelanggan.


    Caranya, Anda bisa membuat website fotografi dan menjual foto melaluinya. Atau, Anda juga bisa mendaftar ke beberapa marketplace dan mengupload konten digital. Kenapa harus buat website dulu? Nah, fungsinya adalah agar Anda bisa memperkenalkan brand pribadi sembari mempromosikannya.


    Untuk menjual foto online dan video dan menghasilkan uang secara online, coba website berikut:

    Shutterstock. Menawarkan beberapa level penghasilan berdasarkan jumlah download.

    Getty Images. Membayar royalti antara 15%-45%, tergantung pada perjanjian eksklusivitas lisensi.

    VideoHive. Platform untuk video dan foto stock sebagai bagian dari ekosistem Envato yang lebih luas. Penghasilan online yang Anda dapat tergantung pada jumlah barang terjual dan apakah Anda menjualnya secara eksklusif di platform ini.

    Dissolve. Diutamakan untuk menjual video dan foto stock HD, dengan royalti standar sampai 30% dari harga jual bersih untuk kontributor non-eksklusif. Kontributor eksklusif bisa mendapatkan tarif yang lebih tinggi berdasarkan permintaan.


    2. Menjadi Tester Website

    Tertarik dengan web design dan web development? Jangan sia-siakan peluang ini dan cobalah menjadi website tester untuk cari uang online. Pekerjaan ini cukup dilakukan sebagai freelancer, bisa menghasilkan uang dengan cepat, dan cukup mudah bagi pemula.


    Sebagai website tester, Anda harus punya kemampuan berpikir yang kritis dan logis, skill komunikasi, serta pengetahuan yang baik tentang fungsi dan desain website. Faktor-faktor ini bisa membantu meningkatkan prospek pekerjaan dan kualitas reporting Anda.


    Sistem payment biasanya berbasis proyek, dan tarifnya tergantung pada metode testing serta kebijakan pasar. Misalnya, UserTesting menawarkan pembayaran antara $4 sampai $120/tes, di mana bayaran tertinggi adalah untuk tester yang dites secara percakapan langsung dengan klien.


    Kalau Anda tertarik, kunjungi market berikut untuk mendapatkan penghasilan online dengan menjadi website tester:

    Ubertesters. Layanan testing crowdsourced yang berfokus pada pengujian aplikasi dan mobile game.

    UserBrain. Tool online yang menawarkan UX testing untuk website dan prototipe produk digital.

    Testbirds. Testing UX untuk produk digital, termasuk toko eCommerce, aplikasi seluler, dan fitness tracker.

    Userlytics. Selain menguji website dan aplikasi, market ini juga menawarkan proyek yang berfokus pada review iklan video.

    TryMyUI. Menyediakan testing tayangan untuk website dan aplikasi seluler melalui rekaman video testing atau feedback berbasis survei.


    3. Membuat Blog dan Memonetisasinya

    Blogging adalah cara dapat uang secara online yang sangat cocok bagi Anda yang suka menulis. Ada banyak orang yang membuat blog untuk sekadar curhat, berbagi wawasan, menyampaikan pandangan, dan mengembangkan brand. Beberapa contoh blog populer termasuk Say Yes dan Anywhere We Roam.


    Anda bisa mulai membuat blog tentang apa pun, seperti blog traveling, menjadi food blogger dan membuat blog makanan, atau sekadar blog ulasan. Atau, Anda juga bisa mencari tahu topik blog yang paling banyak dikunjungi untuk menemukan niche.


    Beberapa cara umum menghasilkan uang dari blog adalah melalui iklan, affiliate marketing, sponsor, dan penjualan produk.


    Agar blog Anda ramai pengunjung dan bisa dimonetisasi, terus bangun audiens dan tetaplah konsisten untuk memposting konten. Anda juga bisa belajar digital marketing dan memahami search engine optimization (SEO) untuk meraih sukses jangka panjang.


    4. Memulai Bisnis Dropshipping

    Nah, bisnis dropship bisa menjadi cara mendapatkan uang tanpa modal. Anda bisa menjual produk tanpa harus menyetok barang tersebut lebih dulu di gudang.


    Langkah-langkahnya juga cukup mudah. Setelah memasang iklan dan pembeli bertransaksi di iklan Anda, selanjutnya Anda hanya perlu menghubungi pihak supplier untuk memesan barang tersebut. Proses pengiriman akan dilakukan oleh supplier. Mudah sekali, kan?


    Namun, Anda tetap harus memperhatikan beberapa faktor untuk memulai bisnis dropship. Salah satunya adalah persaingan yang ketat dan supplier yang kurang tepercaya. Jadi, sebelum memulai cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini, pastikan untuk melakukan riset dan survei lebih dulu.


    5. Gabung Program Afiliasi

    Bergabung dengan bisnis afiliasi juga merupakan salah satu cara cepat untuk mendapatkan uang dari internet.


    Anda bisa mendapatkan komisi sebagai seorang affiliate dengan mempromosikan produk, layanan, atau bisnis di berbagai platform. Saat pelanggan mengklik link afiliasi dan membeli produk yang ditawarkan, Anda akan mendapatkan keuntungan sekian persen.


    Umumnya, seorang blogger bisa menghasilkan uang online dari ratusan hingga puluhan ribu dolar melalui pemasaran afiliasi, tergantung jumlah program afiliasi yang diikuti dan jangkauan pembaca blog.


    Saat ini juga ada banyak sekali program afiliasi yang bisa Anda ikuti. Satu hal yang perlu diingat, join program yang sesuai dengan niche Anda. Misalnya, kalau Anda punya blog dengan tema komputer dan teknologi, Anda bisa mengikuti program afiliasi Hostinger.


    Berikut adalah beberapa program afiliasi terbaik untuk dapat uang secara online:

    Shopee Affiliates. Dapatkan komisi mulai dari 2,5% hingga 10% kalau Anda berhasil membantu pelanggan lain menemukan produk yang mereka cari di Shopee.

    Afiliasi Blibli. Komisi yang diberikan hingga 4% kalau Anda berhasil menggaet pembeli untuk berbelanja melalui banner Blibli yang dipasang di website Anda.

    Tokopedia Affiliate. Menawarkan komisi hingga 10% apabila aktif menjual produk yang ada di Tokopedia melalui media sosial, pilihan tepat untuk dapat uang online lewat HP.

    Afiliasi TripAdvisor. Cocok untuk Anda yang suka jalan-jalan dan traveling. Tawarkan booking hotel yang ada di TripAdvisor ke para traveler dan dapatkan komisi hingga 50% kalau mereka booking hotel lewat link Anda.

    Lazada Affiliate. Sama seperti platform marketplace lainnya, Anda bisa dapat duit online melalui program afiliasi Lazada dengan komisi hingga 15% apabila pembeli melakukan transaksi dari link afiliasi Anda.


    6. Menyediakan Jasa Penulisan CV

    Wabah COVID-19 di Indonesia sempat menyebabkan ribuan, atau bahkan puluhan ribu tenaga kerja kehilangan pekerjaannya. Cut-off besar-besaran oleh berbagai perusahaan demi menghemat budget terpaksa dilakukan.


    Namun, seiring dengan menurunnya angka infeksi wabah pada akhir tahun 2021, berbagai sektor industri pun mulai bangkit dan membuka lowongan untuk berbagai posisi.


    Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai cara menghasilkan uang dari internet dengan menyediakan jasa menulis CV. Masih banyak pencari kerja yang merasa kesulitan untuk menulis CV yang baik dan benar, yang bisa masuk dan disaring oleh program khusus bagi para recruiter, yang disebut ATS (Applicant Tracking System).


    Untuk itu, cobalah menyediakan jasa penulisan CV atau resume yang akan lolos penyaringan menggunakan ATS. Ada banyak sekali contoh CV untuk kriteria ini, yang bisa Anda pelajari untuk mulai dapat uang dari internet.


    7. Memulai Bisnis E-commerce

    Situs eCommerce, atau toko online, semakin populer belakangan ini sebagai cara mendapatkan uang dari Internet. Selain jangkauannya lebih luas, biaya awal memulai toko online juga lebih rendah sehingga Anda bisa menghemat biaya operasional.


    Apa pun produk yang Anda jual, membuat toko online juga akan menjadi cara dapat uang online yang cukup menghasilkan. Sebab, karena saat ini makin banyak pembeli yang lebih suka berbelanja secara online, meskipun produk yang mereka beli adalah produk fisik.


    Berikut rekomendasi empat platform eCommerce terbaik untuk membangun toko online Anda sendiri:

    Zyro eCommerce. Website builder yang user-friendly bagi pemula, menawarkan tema gratis dan banyak AI tool untuk membantu operasional bisnis Anda.

    WooCommerce. Platform open-source untuk WordPress, menyediakan semua fungsi yang diperlukan untuk membuat toko online impian Anda.

    Prestashop. Software eCommerce ini menawarkan fungsionalitas manajemen produk yang keren dan tool analytics.

    Shopify. Pilihan populer dengan fitur abandoned cart recovery bawaan dan tool SEO.


    8. Survei Online Berbayar

    Yang satu ini mungkin sedikit “too good to be true”, tapi Anda bisa loh mendapatkan penghasilan online dengan mengisi survei berbayar!


    Saat ini, banyak perusahaan yang membayar peserta untuk mengikuti survei mereka, biasanya untuk riset pasar dan analisis perilaku konsumen. Survei ini juga membantu membuat keputusan bisnis, seperti jenis produk online terlaris apa yang perlu dijual atau lokasi penayangan iklan terbaik.


    Tapi, perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa atau mau mengikuti survei ini. Beberapa alasannya adalah:


    Demografi terbatas. Beberapa survei tidak terbuka untuk semua orang dan malah menargetkan orang-orang tertentu. Demografi ini mencakup jenis kelamin, usia, atau pekerjaan.


    Bayaran rendah. Banyak situs survei online yang menggunakan sistem poin. Jadi, Anda perlu mengumpulkan poin setelah menyelesaikan survei dan baru bisa menarik uang setelah mencapai batas tertentu. Misalnya, Anda bisa dapat duit online antara $0,50-$3/survei. Tapi, Anda tidak bisa menarik uang ini kecuali sudah mencapai batas penarikan, biasanya antara $10-$25.


    Membuang-buang waktu. Karena sistem pembayarannya, Anda harus meluangkan banyak waktu untuk mendapatkan hasilnya. Beberapa survei bahkan bisa memakan waktu sampai satu jam untuk diselesaikan.


    Bukan untuk jangka panjang. Tidak seperti cara mendapatkan uang dari Internet lainnya di artikel ini, Anda tidak bisa mengisi survei online sebagai pekerjaan penuh karena alasan di atas.


    Kalau tidak ada masalah dengan alasan di atas, Anda bisa mencoba website berikut untuk dapat uang online melalui survei:

    Swagbucks. Dapatkan poin dan tukarkan dengan uang tunai atau gift card dengan menonton video, bermain game, dan menyelesaikan survei.

    Survey Junkie. Bantu brand-brand memberikan produk dan jasa yang lebih baik dengan berpartisipasi dalam survei market mereka.

    Harris Poll Online. Ikuti program reward dengan menjawab polling yang diadakan oleh platform survei ini.


    9. Content Creator di TikTok

    TikTok telah berkembang pesat dibandingkan saat masih bernama Musical.ly di masa-masa awal peluncurannya. Dari yang sebelumnya hanya menampung konten-konten bertemakan musik, TikTok kini menjadi salah satu platform video paling populer di berbagai negara dengan berbagai jenis konten.


    Anda bisa menemukan konten edukasi, seni, tutorial, duet musik, hingga konten-konten yang mungkin dirasa tidak begitu memberikan manfaat tapi cukup menghibur. Nah, Anda bisa memanfaatkan platform ini sebagai cara menghasilkan uang dari internet.


    Tampilan website TikTok


    Sebagai content creator di TikTok, Anda akan dapat uang online melalui sponsored content, donasi dari penonton saat live, atau dengan menyediakan jasa pembuatan konten.


    Ada beberapa cara untuk menjadi content creator di TikTok:

    - Usahakan video Anda masuk FYP.

    - Sering upload konten secara konsisten.

    - Manfaatkan hashtag dan tren.

    - Perhatikan kualitas video Anda.

    - Pelajari cara transisi yang bagus.


    10. Menjadi Desainer Grafis

    Profesi desainer grafis kini sedang ramai dicari di mana-mana seiring dengan meningkatnya digitalisasi dan produksi konten. Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai cara menghasilkan uang secara online kalau punya bakat menggambar.


    Karier desainer grafis sebenarnya mirip dengan web developer. Apabila sudah tahu bidang seni rupa digital yang ingin Anda tekuni, selanjutnya pelajari skill dan software yang diperlukan. Banyak kursus desain yang tersedia di berbagai platform eLearning untuk mulai belajar.


    Contohnya saja, web designer perlu mempelajari UX, UI, dan ilmu dasar HTML serta CSS. Nah, untuk menjadi graphic atau logo designer, Anda bisa mempelajari teori warna, komposisi, tipografi, dan tool desain seperti Adobe Illustrator dan CorelDRAW.


    Setelah mulai membuat karya, Anda bisa mengunjungi website berikut untuk menjualnya dan memulai gig:

    DesignCrowd. Menawarkan berbagai proyek, mulai dari logo dan website hingga desain billboard.

    Minty. Cocok untuk artist yang sudah punya skill dan ingin mencari project desain dengan kontrak otomatis.

    We Work Remotely. Anda bisa menemukan berbagai jenis permintaan desain dari mana saja.

    Fiverr. Meskipun sebenarnya bisa untuk freelance apa pun, desainer grafis cukup banyak dicari di platform ini.

    99designs. Menyediakan jasa desain grafis berkualitas tinggi dalam berbagai kategori, seperti web dan aplikasi, pakaian dan merchandise, serta bisnis dan periklanan.


    Nah itu tadi sekilas trik untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah melalui internet yang bisa dengan mudah kamu lakukan. Syarat utama agar cara di atas berhasil adalah konsisten dilakukan. Jangan menyerah dan angin-anginan yah!!..

    Komentar

    Tampilkan

    Iklan