Bengkulu - Mengonsumsi kafein pada minuman kopi atau makanan mengandung lemak tinggi menjelang waktu tidur seringkali membuat kita susah tidur. Tak hanya itu ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang jadi sulit tidur, baik di malam maupun siang hari.

Untuk mengatasi keluhan ini, nggak banyak orang yang tahu cara agar bisa tidur dengan cepat. Meski ada beberapa metode yang bisa dipakai, hasilnya nggak bisa instan. Ya, samalah seperti mengajari anak kecil bagaimana cara agar bisa tidur sendiri. Meski begitu, tak ada salahnya jika kamu tetap disiplin mencoba cara agar bisa tidur teratur. Toh, demi kesehatanmu juga kan?

Berikut tips yang diberikan Hippwe agar bisa tidur yang bisa kamu praktikkan. Kalau tips-tips ini rutin rutin dilakukan, lambat laun kamu akan mendapatkan tidur yang berkualitas lo!

Cara agar bisa tidur saat insomnia

Sebenarnya, banyak metode yang bisa dipakai jika kamu membutuhkan cara agar bisa tidur dalam 30 detik. Berikut beberapa di antaranya.

Cara cepat tidur tentara yang mengutamakan ketenangan ini cocok buat sobat insomnia yang sering gelisah 

- Kunci awal memulai teknik tidur ini ialah dengan membuat seluruh otot wajah jadi lebih rileks, termasuk lidah, rahang, dan otot sekitar mata. Selanjutnya, kamu bisa mengerakkan bahu ke arah bawah yang diikuti dengan lengan atas maupun bawah secara bergantian. 

- Kemudian atur napasmu serta hilangkan seluruh ketegangan di sekitar paha, betis, pergelangan tangan, dan telapak kaki agar tubuh jadi lebih rileks. Baiknya, sediakan waktu 10 menit untuk menjernihkan pikiranmu sebelum beranjak ke tempat tidur. Nah, karena teknik ini mengutamakan ketenangan, maka penggunaan HP sebelum tidur sangat tak disarankan.

- Cara agar bisa tidur cepat dan pulas yang lain ialah dengan mempraktikkan teknik pernapasan 4-7-8. Usahakan untuk duduk atau rebahan dengan posisi punggung yang lurus ketika mencoba teknik pernapasan ini. Selama proses berjalan, letakkan ujung lidah di punggung jaringan yang berada pada belakang gigi depan atas. Setelah itu, tarik nafas melalui hidung selama empat detik. 

- Kemudian, tahan napas selama tujuh detik, dan buang perlahan melalui mulut selama delapan detik. Beristirahatlah sejenak, lalu ulangi teknik pernapasan tadi sampai kamu tertidur. Teknik pernapasan 4-7-8 akan benar-benar berhasil jika kamu rutin melakukannya selama dua bulan.

Cara cepat tidur meski minum kopi

Sekalipun ada beberapa orang yang sudah kebal kafein atau tetap bisa tidur setelah minum kopi, ada juga orang-orang yang kesulitan tidur setelah tubuhnya kemasukan kafein. Tenang, ada cara agar bisa tidur malam tepat waktu berikut.

- Karena berada di bawah pengaruh kafein, tubuh jadi butuh usaha lebih keras agar bisa cepat tidur. Kamu mesti membuat suasana kamar jadi lebih tenang. Misalnya, dengan menyalakan musik klasik atau suara alam.

- Untuk menetralkan efek kafeinnya, coba lakukan peregangan ringan, seperti push up atau jumping jack. Tapi tak perlu sampai berkeringat, cukup buat tubuh merasa sedikit lelah saja.

- Atau, kamu bisa menetralkan kafein dengan minum segelas susu hangat. Karena mengandung triptofan, susu bisa meningkatkan hormon serotonin dan melatonin yang bisa membuat seseorang jadi merasa ngantuk.

- Kalau butuh relaksasi yang lain, kamu bisa mandi air panas biar suhu tubuh cepat turun dan jadi mudah mengantuk setelahnya.

Itulah tadi sekilas tips cepat tidur meski insomnia dan setelah minum kopi. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk dapat tidur dengan cepat dan nyenyak.

Post A Comment: